Penduduk adalah orang yang tinggal di daerah tersebut atau oprang secara hukum di sah kan oleh negara . atau dalam ilmu sosiologi penduduk di artikan sebagai kumpulan manusia yang menempatkan wilayah geografi dan ruang tertentu.

Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tetutup , dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok.
di dalam kependudukan kita haru mempelajari atau mengenal dengan ilmu demografi . ilmu demografi adalah ilmu yang mempelajari tentang dinamikan kependudukan.dimana meliputi ukuran , struktur, dan distribusi penduduk. dan bagaimana tiap harinya jumlah penduduk bertambah. akibatnya bisa dari kematian,kelahiran,migrasi dan penuaan .

3 faktor penambahan penduduk yang berdasarkan faktor demografi :
1. kematian
2. kelahiran
3. migrasi

dalam konsep menghitung jumlah penduduk memiliki masing-masing kosep perhitungan yaitu dimulai dari :
1. minghitung angka kematian
kematian adalah tanda-tanda hilang kehidupan secara permanen.
konsep dasar nya angkat kematian dibagi menjadi 2 yaitu : angka kematian kasar dan angka kematian khusus .
angka kematian kasar adalah angka kematian yang dihitung pada suatu tahun tertentu untuk 1000 penduduk.disebut angka kematian kasar karena tidak memperhintungkan umur penduduk (tua ataupun muda).

rumus nya adalah :
CDR = D/P * K

ket :
CDR = angka kematian dasar
D = jumlah kematian pada waktu tertentu
P= jumlah kematian pada pertengahan tahun
K = bilangan konstan 1000

2. angka kematian khusus
adalah angka kematian yang menurut umur

rumus nya adalah :
(total kematian anak <8 th dalam 1 thn/jumlah populasi anak <8th pda pertengahan tahun)*1000

Analisa : Menurut saya populasi di indonesia harus dijaga karna terlalu banyak dan terlalu padat begitu juga kebutuhan hidup yang lebih,karna banyak orang yang menikah muda dan tidak punya pekerjaan dan akhirnya menjadi pengangguran.Dan sekarang juga sudah diberlalukan KB untuk menjaga populasi di indonesia yang bertumbuh sangat cepat.Jadi kita harus bisa untuk menjaga populasi agar anak cucu kita nanti dapat merasakan kekayaan alam indonesia yang sangat banyak.

0 komentar:

Posting Komentar