Siapa yang tidak mengenal robot, sebuah perangkat elektronik berteknologi tinggi yang di ciptakan manusia dengan berbagai macam kecanggihan di dalamnya dan tentunya sangat berguna bagi kehidupan manusia. Definisi Robot sendiri adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan).
Dalam perkembangan robot dunia, Negara Jepang lah yang lebih menonjol tentang robotika di bandingkan negara lain. Rrobot di Jepang telah ada sejak zaman Edo[1603-1867] yaitu sebuah boneka mekanik yang dikenal sebagai Karakuri Ningyo. Robot mulai benar-benar dikembangkan di Jepang sejak tahun 1973,oleh Professor Ichiro Kato dari universitas Waseda. Dan pada masa jepang merupakan negara yang selalu memiliki inovasi – inovasi baru tentang teknologi robot. Salah satu robot dari jepang yang populer adalah ASIMO, robot humanoid yang di ciptakan oleh Honda Motor Company. Menyerupai astronot kecil yang membawa backpack dan bisa berjalan di atas dua kaki dengan kecepetan 6km/jam. Secara resmi, nama Asimo merupakan akronim dari advance Step in Innovative Mobility. Selain ASIMO, jepang juga mempunyai robot yang tampilanya menyerupai manusia, namanya yaitu Actroid dimana robot ini bisa berekspresi layaknya manusia.
Selain jepang banyak negara – negara di eropa dan amerika yang menciptakan berbagai jenis robot, diantaranya Robotcar, Mobil Tanpa Sopir yang di kembangkan oleh Oxford University. Sebelumnya sudah ada robotcar yang sejenis yang di buat oleh perusahaan ternama yaitu google. Ada juga robot WILDCAT yaitu robot yang memiliki empat kaki yang dapat berjalan dan berlari layaknya cheetah, robot tersebut dapat berlari dengan kecepatan 16 mph dan di kendalikan sepenuhnya secara wireless. Selain dua robot tersebut ada juga robot hewan yang mempunyai ukuran yang cukup kecil dan sama dengan ukuran hewan aslinya diantaranya yaitu BionicOpter Dragonfly adalah Robot Capung Unik Buatan Festo yang dapat terbang layaknya capung sungguhan dan T8 Spiderbot, Robot T8 Spiderbot ini diciptakan dengan meniru cara laba-laba bergerak dengan menggunakan basis robot hexapod atau robot dengan delapan kaki. Robot T8 Spiderbot ini diciptakan oleh Robugtix , bodi atau badan robot T8 Spiderbot ini dicetak menggunakan teknologi printer 3D.
Ada juga rumah RV RUMAH ROBOT MASA DEPAN yaitu Greg Lynn, ia berhasil membuat sebuah desain prototype rumah RV atau rumah kendaraan robot yang memiliki ukuran skala 1/5 dari rumah normal manusia. Struktur bangunan rumah robot ini meningkatkan ruang hidup dengan memutar sumbu yang berada dibawah dasar rumah robot. Robot ini dapat merespon lingkungan baik cuaca panas maupun dingin sehingga dapat memberikan efek suasana yang terjadai pada rumah robot tersebut.
Di dunia kedokteran teknologi robotika juga mulai di gunakan. Terbukti dengan adanya teknologi lengan robotik dimana lengan tersebut terbuat dari robot hal ini sangat membantu bagi orang yang lumpuh dan juga lengan robot tersebut dapat di kendalikan menggunakan pikiran. Sebuah teknologi yang lura biasa tentunya, teknologi yang bisa memberikan harapan jangka panjang untuk orang – orang yang mengalami kelumpuhan.
Di bidang militer sendiri  ada robot yang di ciptakan untuk di gunakan di medan perang yaitu robot menyerupai tank tetapi berukuran kecil dan di lengkapi dengan berbagi macam senjata dan navigasi serta di buat dari baja layaknya tank sungguhan. Robot ini di kendalikan sepenuhnya dengan menggunakan wireless control. Indonesia juga membuat robot yang sejenis yaitu Saturn. Robot tersebut di buat oleh  Dr. Subchan bersama timnya dalam lomba teknologi terapan dunia militer yaitu Minister of Defense (MoD) Grand Challenge.
Dalam bidang perindustrian robot juga digunakan di berbagai proses manufaktur di sebuah perusahaan untuk mempersingkat waktu produksi meningkatkan efisiensi, efektifitas dan produktifitas perusahaan. Pada saat ini sudah banyak perusahaaa=n yang menggunakan mesin- mesin otomatis diantaranya PT PINDAD , PT LEN ,PT BHARATA  dan masih banyak lainya. hal ini membuktikan bahwa robot tidak hanya di gunakan untuk keperluan hiburan, militer, kedokteran saja tetapi robot juga dapat di gunakan untuk keperluan manufaktur.
Meskipun kemajuan teknologi robot di indonesia belum begitu pesat namun beberapa tahun ini di indonesia sendiri semakin marak di adakanya perlombaan robot yang di adakan namun adanya dukungan dari pemerintah mengenai perkambangan robot di indonesia sangat di butuhkan untuk menunjang biaya dan fasilitas dalam memajukan robotika di indonesia agar tidak tertinggal oleh negara – negara lain.
Sumber : http://adepriyono12051.blog.teknikindustri.ft.mercubuana.ac.id/?tag=perkembangan-robot

1 komentar:

Blogger mengatakan...

If you're attempting to lose weight then you need to try this brand new custom keto meal plan diet.

To create this keto diet service, certified nutritionists, fitness trainers, and chefs have joined together to develop keto meal plans that are efficient, convenient, money-efficient, and enjoyable.

From their grand opening in January 2019, hundreds of people have already completely transformed their figure and health with the benefits a smart keto meal plan diet can provide.

Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover 8 scientifically-tested ones provided by the keto meal plan diet.

Posting Komentar