Buah sirsak biasa dibuat menjadi jus ataupun dikonsumsi secara langsung sebagai buah pencuci mulut yang menyegarkan. Buah sirsak juga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.
Selain buah sirsak, daun sirsak ternyata juga mempunyai banyak manfaat untuk bahan pengobatan herbal, dan untuk menjaga kondisi tubuh. Dibalik manfaatnya tersebut ternyata tak lepas dari kandungannya yang banyak mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
Berikut ini adalah enam manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh, khususnya sebagai obat tradisional:
1. Obat untuk Mencegah Kanker
Ambilah 10 lembar daun sirsak yang sudah tua dan dalam kondisi yang baik. Kemudian cuci sampai bersih dengan air. Lalu rebus dengan tiga gelas air, dan biarkan mendidih sampai hanya tersisa satu gelas. Biarkan air rebusan dingin dan minum dua kali sehari selama seminggu.
2. Mengobati Eksim dan Rematik
Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian tubuh yang dirasa ngilu atau sakit karena rematik atau eksim secara teratur 1 hari dua kali.
3. Membantu Sistem Kekebalan Tubuh dan Menghindari Infeksi
Siapkan 4 atau 5 lembar daun sirsak, rebus dengan 4 gelas air biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minumlah 1 kali sehari.
4. Obat Menghilangkan Bisul
Ambilah 5 sampai 10 lembar daun sirsak yang masih muda lalu tempelkan ditempat yang terkena bisul hingga bisul mengering.
5. Mengobati Asam Urat
Ambilah sekitar 6-10 daun sirsak yang sudah cukup tua tapi masih hijau, kemudian cuci bersih. Selanjutnya daun sirsak dipotong-potong dengan tujuan memastikan kandungan pada daun benar benar keluar. Rebus daun tersebut dengan dua gelas air, biarkan mendidih hingga air tersisah satu gelas. Minum ramuan tersebut sehari dua kali yaitu pagi dan malam hari.
6. Mengobati Sakit Pinggang
Sebagai obat sakit pinggang, cobalah untuk membuat ramuan daun sirsak ini. Ambillah 20 lembar daun sirsak lalu rebuslah dengan 5 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Minumlah 3/4 gelas ramuan ini 1 kali sehari.

sumber : http://www.manfaatnya.com/manfaat-daun-sirsak-untuk-kesehatan/

0 komentar:

Posting Komentar